Kartu Prakerja Gelombang 18 merupakan program pelatihan dari pemerintah yang diutamakan bagi WNI berusia 18 tahun keatas yang belum memiliki keterampilan. Untuk yang belum tahu, program ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2020 dan akan membuka gelombang selanjutnya pada bulan Agustus 2021. Setelah mengikuti program pelatihan, diharapkan peserta dapat menggunakan dana insentif sebagai modal pengembangan diri dan tambahan modal usaha.

Dana insentif memang dikhususkan untuk membeli pelatihan yang telah disediakan mitra kartu prakerja. Para peserta dapat memilih berbagai pelatihan khusus berdasarkan kemampuan dan minat. Nah, supaya bisa cepat dapat insentif, hal yang perlu dilakukan adalah memberikan rating setelah pelatihan prakerja berakhir. Selain itu juga bisa memilih pelatihan yang cepat dapat insentif. Apa saja?

Cepat Dapat Insentif dari 5 Pelatihan Kartu Prakerja Ini

Para peserta Kartu Prakerja, kalian harus tahu bahwa pemberian insentif pelatihan ini akan diberikan setelah kelas selesai. Hal tersebut akan ditandai dengan adanya sertifikat, oleh karena itu kalian wajib memilih pelatihan yang memberikan fasilitas tersebut.

Lalu bagaimana cara supaya cepat dapat insentif pelatihan prakerja? Caranya sangat mudah, yaitu mengikuti kelas kurus dari mitra pelatihan berikut ini:

1.      PAKAR

Ada banyak pelatihan yang dapat diambil oleh para penerima kartu Prakerja, salah satunya adalah pelatihan dari PAKAR. Mitra Kartu Prakerja ini membuka pelatihan untuk seluruh warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas yang lolos seleksi dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Anda bisa belajar banyak hal dalam pelatihan, mulai dari pembuatan konten di sosial media Instagram dan Tiktok untuk menjadi seniman kreatif, belajar cara menjadi pengusaha fotografi/videografi, hingga belajar menerapkan SEO pada website.

Nah, bagi Anda yang berencana membuka toko di marketplace, Anda juga dapat mengambil kelas pelatihan memasarkan produk melalui marketplace Tokopedia & Shopee untuk menjadi spesialis pemasaran di PAKAR. Semua pelatihan yang disediakan tentu saja bersertifikat, sehingga Anda dapat menggunakannya saat mengajukan pencairan insentif Kartu Prakerja. Anda dapat beli pelatihan di Pijarmahir untuk pelatihan dari mitra pakar ini.

2.      Bizlab

Program kartu prakerja dari Bizlab juga menyediakan sertifikat yang dibutuhkan oleh para peserta. Anda bisa memilih kelas yang ingin dibeli sesuai minat dan bakat, misalnya kelas copywriting, content writing, bahasa jepang untuk wisata, belajar membuat video profesional menggunakan Kinemaster, public speaking, dan masih banyak lagi. Program ini dikhususkan untuk para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, pemilik usaha yang ingin mendapat bantuan biaya termasuk usaha mikro dan kecil, serta pekerja yang membutuhkan pengembangan kompetensi.

3.      Rumah Siap Kerja

Ambil kelas prakerja di Rumah Siap Kerja dan Anda bisa dapat sertifikat beserta intensif. Melalui program pemerintah ini Anda juga bisa mengembangkan kompetensi diri dan menggali minat dan bakat. Rumah Siap Kerja siap memberikan pelatihan yang sesuai, sehingga Anda dapat mempelajarinya dengan lebih maksimal.

Gunakan insentif dari pemerintah untuk mengikuti kelas Bisnis, Internet Marketing, Pengembangan Diri dari Rumah Siap Kerja. Tidak perlu khawatir dengan biaya, karena sangat terjangkau dan cukup sampai Anda menyelesaikan pelatihan bersertifikat.

4.      Skill Academy

Skill Academy by Ruangguru merupakan mitra pelatihan online yang dipilih pemerintah untuk membantu mengembangkan kompetensi kerja bagi korban PHK yang terkena imbas pandemi Covid-19. Program ini diberikan dalam bentuk subsidi pelatihan sebesar Rp. 1 Juta (non tunai) kepada peserta Kartu Prakerja.

Bagi Anda yang ingin cepat dapat insentif, silahkan ikuti salah satu kelas pelatihan prakerja yang disediakan Skill Academy. Beberapa diantaranya adalah kelas bahasa Spanyol untuk pemula, storytelling untuk media sosial, cara meningkatkan penjualan produk di E-commerce, dan masih banyak lagi.

5.      Tech In Asia Edu

Setiap orang yang mengikuti kelas di Tech in Asia Edu berhak mendapatkan sertifikat yang menjadi syarat pencairan insentif. Anda bisa mengakses kelas yang disediakan mitra pelatihan prakerja ini secara bebas tanpa batasan waktu. Beberapa kelas prakerja yang populer di Tech In Asia Edu di antaranya ada bisnis, desain grafis, digital marketing, dan sebagainya yang bisa diperoleh dengan biaya terjangkau.

Nah itulah 5 pelatihan prakerja gelombang 18 yang cepat dapat insentif. Peserta Kartu Prakerja gelombang 18 akan mendapatkan insentif berupa bantuan uang tunai sebesar Rp. 3, 55 juta dengan rincian biaya pelatihan Rp. 1 juta, insentif survei Rp. 150 ribu, dan insentif pasca pelatihan selama empat bulan sebesar Rp. 600 ribu. Bagi peserta yang ingin mengikuti pelatihan program prakerja dari mitra PAKAR, Anda dapat beli pelatihan di Maubelajarapa dan Pijar Mahir. Raih bonus cashback dalam jumlah besar di sini.