Penyusunan laporan keuangan dalam sebuah bisnis sangatlah penting. Laporan ini nantinya akan menjadi acuan bagi pelaku usaha untuk mengambil langkah pengembangan bisnis selanjutnya. Berikut adalah 5 panduan cara dalam menyusun pembukuan keuangan bagi para pebisnis pemula.

1. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Dalam pembuatan pembukuan keuangan, ada data utama yang harus dicatat yakni data pemasukan dan pengeluaran. Harus ditulis dengan rinci apa saja transaksi pengeluaran yang dilakukan lengkap dengan jumlah dan keterangan yang dibutuhkan. Tulis juga berapa banyak uang yang diterima dengan rinci setiap bulannya.

2. Buat Buku Kas Utama

Selanjutnya, susunlah buku kas utama. Dokumen ini merupakan catatan yang menggabungkan data pemasukan dan pengeluaran. Dari buku kas utama ini nantinya dapat diketahui apakah bisnis Anda mengalami untung atau rugi. Data dalam buku kas utama juga akan menjadi bahan evaluasi untuk melihat bagaimana cash flow bisnis yang dijalankan. Pembutan buku kas utama ini harus dilakukan secara terus-menerus dan teliti.

3. Susun Buku Stok Barang

Selain membuat buku kas utama, Anda juga harus menyusun buku stok barang. Ini merupakan dokumen yang memuat catatan jumlah barang masuk dan keluar dalam lingkup usaha Anda. Tidak hanya dalam jumlah uangnya namun dalam jumlah barang secara detail. Ini akan menjadi data penting dalam mengawasi persediaan barang sehingga berpengaruh pula dalam perputaran uang.

4. Siapkan Data Laba Rugi

Selanjutnya buatlah dokumen yang mencatat data laba rugi dari bisnis yang dijalankan. Buku laba rugi ini akan menjelaskan dengan detail besar laba serta rugi dalam satu periode tertentu. Dari data ini bisa dilihat apakah strategi bisnis yang diterapkan sudah efektif atau belum.

5. Gunakan Aplikasi

Penyusunan pembukuan keuangan bisnis mungkin akan lebih rumit dari yang dibayangkan. Agar pembukuan bisa berjalan efektif dan menyajikan data yang benar maka bisa digunakan aplikasi. Pakailah aplikasi khusus yang akan membantu proses pembukuan secara akurat.

Itulah 5 cara mudah membuat pembukuan keuangan bagi pebisnis pemula. Pemakaian aplikasi pembukuan memang akan menjadi jalan efektif untuk membantu menyusun laporan keuangan yang lengkap. Pastikan bahwa pembukuan disusun secara kontinu sehingga bisa dilihat bagaimana track record bisnis Anda dengan jelas.