Junub adalah salah satu jenis hadas yang hanya bisa disucikan dengan mandi wajib. Mandi wajib, juga dikenal sebagai mandi Junub, adalah cara untuk membersihkan umat Islam sebelum melakukan ibadah. Perlu dicatat, junub adalah kondisi di mana seorang muslim dilarang beribadah karena menderita salah satu kondisi berikut ini.

Pertama, keluarnya air mani dari alat kelamin pria dan wanita disebabkan oleh mimpi basah hingga berhubungan seks, bermain dengannya atau membangkitkan rangsangan melalui penglihatan dan pikiran. Kedua, setelah berhubungan, meski tanpa mengeluarkan sperma. Dan yang terakhir karena melahirkan.

Lantas, bagaimana tata cara mandi junub pria yang benar dan valid saat Junub? Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Berikut adalah tata cara mandi wajib untuk pria selama Junub dan pembacaannya!

Dilansir dari berbagai sumber, Imam Al Ghazali dan Bidayatul Hidayah menjelaskan tata cara dan tata cara mandi wajib bagi pria yang sedang junub sebagai berikut:

Anda berniat untuk mandi dulu. Bacaan Niat Mandi Saat Junub Adalah:

  1. Niat

BISMILLAHIRAHMANIRAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA’ALA

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah, saya berniat mandi untuk menghilangkan hadits besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta’ala.

  1. Cuci tangan Anda secara bergantian 3 kali, dimulai dengan tangan kanan
  2. Bersihkan bagian tubuh yang dianggap kotor seperti anus dan juga alat kelamin dari kotoran dengan tangan kiri
  3. Cuci kembali tangan Anda dengan sabun hingga bersih dari sisa kotoran yang menempel
  4. Lakukan wudhu dengan sempurna seolah-olah Anda akan berdoa.
  5. Cuci sela-sela akar rambut hingga menyentuh kulit kepala lalu lanjutkan menuangkannya sebanyak 3 kali
  6. Bilas seluruh tubuh mulai dari sisi kanan dan lanjutkan ke sisi kiri.
  7. Terus mandi seperti biasa, pastikan semua lipatan kulit juga bersih.

Ini adalah tata cara mandi wajib untuk pria Junub. Sebagai seorang pria muslim perlu mengetahui tata cara wajib mandi atau mandi di junub agar ibadah yang dilakukan tidak sia-sia dan selalu diterima oleh Allah SWT.

Dalam bahasa Arab, bath berarti “mengalir”. Mandi wajib memiliki istilah lain yaitu mandi junub yang artinya mandi ini akan dilakukan selama dalam keadaan junub. Menurut terminologi, mandi wajib adalah air yang mengalir ke seluruh tubuh, dari ujung kepala sampai ujung kaki, yang dimulai dengan pembacaan niat untuk menyucikan diri dari hadas besar.

Kuncinya adalah mandi wajib karena kegiatan ini sangat penting dalam menjaga kesempurnaan dalam beribadah dan bisa memberikan ketenangan batin. Juga di ayat 6 Al-Quran Surah Al-Maidah, tertulis: “Dan jika kamu Junub, mandilah.”

Hal ini tentu saja untuk bertujuan agar supaya kita bersih dari hadas kecil hingga hadas besar dan nantinya kita akan dapat melakukan aktifitas seperti sholat dan lain-lain dengan nyaman.