Makanan beku atau frozen food merupakan makanan yang dikemas dalam bentuk beku. Makanan ini hanya tinggal dipanaskan melalui kegiatan mengukus, menggoreng hingga merebusnya saja. Jadi, kamu nggak perlu effort lebih untuk membuat satu piring makanan yang diinginkan dan lezat dimeja makan.

Makanan jenis ini disukai masyarakat modern yang tidak memiliki banyak waktu. Ada beragam jenis makanan yang bisa dikemas dalam bentuk frozen food. Mulai dari bumbu masakan, makanan berat hingga makanan ringan. Pembelian makanan frozen food pun sekarang dipermudah dengan adanya layanan e-commerce alias toko online. Kamu tinggal memilih dan barang pun akan diantarkan ke kamu dengan segera dan cepat.

Salah satu jenis frozen food yang dijualkan adalah siomay. Makanan ringan ini sendiri merupakan makanan khas Mongolia Dalam. Siomay biasanya dihidangkan saat perjamuan teh maupun saat mengkonsumsi makanan seperti mie. Siomay sendiri merupakan makanan olahan dari daging ayam yang dicampurkan dengan beragam bumbu seperti merica, bawang putih hingga lada. Makanan ini sebenarnya sudah dikenal lama oleh masyarakat namun popular belum lama ini berkat banyaknya warung yang menjualkannya.

Siomay ayam merupakan salah satu jenis varian siomay yang disukai masyarakat. Siomay ayam sendiri menggunakan daging ayam dalam pembuatannya. Terkadang untuk memberikan kesan beda, masyarakat mengkreasikan kulitnya dengan berbagai warna seperti kuning telur, hijau hingga hitam. Kadang juga pemberian warna tersebut melambangkan isian dari siomay itu sendiri. Makanan ini sendiri cenderung disukai masyarakat karena praktis tinggal kukus dan rasanya yang gurih.

Bila kamu memiliki trust issue terhadap siomay dalam bentuk frozen food, kamu bisa membuat sendiri Siomay ayam sendiri. Siomay ayam sendiri merupakan salah satu makanan yang pembuatannya cukup mudah. Teknik tersulit dalam membuat Siomay ayam sendiri adalah melipat kulit pangsit yang digunakan dalam membungkus adonan dan menjaga kulit siomay tetap moist, tidak kering. Berikut ini merupakan tips and tricks dalam memasak Siomay ayam yang disarankan agar kulit siomay tidak kering :

  1. Merendam kulit sebelum digunakan membungkus

Dalam membuat Siomay ayam yang cantik, kamu bisa merendam kulit siomay dahulu untuk mempercantik penampilan makanan ringan ini. Dimana Siomay ayam sendiri terkadang memiliki penampilan kurang menarik karena pangsit kering yang digunakan sehingga menyebabkan penampilan Siomay ayam kurang baik. Selain mempercantik Siomay ayam, teknik ini juga baik digunakan untuk mempermudah membentuk lipatan siomay.

  1. Menggunting sisa kulit pangsit

Dalam usaha semakin mempercantik tampilan Siomay ayam, ada baiknya kamu memangkas sisa lipatan siomay. Selain memberikan kesan cantik, mampu memberikan kesan rapi dan juga memperlihatkan isian Siomay ayam yang dibuat.

  1. Menyemprotkan air pada kulit pangsit

Ada baiknya sebelum kamu mengukus Siomay ayam, kamu menyemprotkan siomay tersebut dengan air semprotan. Hal ini dilakukan untuk menambahkan kandungan air dalam makanan agar tidak kering ketika dikukus.