Nafsu makan anak menurun? Bagi anak, kebutuhan nutrisi itu penting. Nutrisi tersebut digunakan anak untuk tumbuh dan kembang mereka selama menjalankan aktivitas. Bila nafsu makan anak berkurang bahkan anak sulit mengonsumsi makanan maka anda perlu khawatir. Nafsu makan anak akan menunjang anak mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat membantu proses tumbuh kembangnya. Sehingga ketika nafsu makan akan berkurang berkepanjangan, ada baiknya ada berkonsultasi ke dokter.

Sebulan sekali, anak disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter anak ataupun posyandu terdekat untuk mengetahui perkembangan anak. Melalui pengukuran berat badan, tinggi badan hingga lingkar kepala maka akan diketahui proses perkembangan anak. Proses perkembangan anak yang baik adalah anak mengalami penambahan berat, tinggi dan ukuran lingkar kepala.  Bila nafsu makan anak menurun berkepanjangan maka penurunan berat mungkin akan dialami anak.

Bila anak susah makan, anak akan kekurangan nutrisi. Apa saja yang dapat terjadi kepada anak bila kekurangan nutrisi? Simak jawabannya berikut :

  1. Kemampuan memproses informasi akan melambat
  2. Kemampuan koordinasi gerakan tubuh anak akan terganggu
  3. Imunitas tubuh anak terhambat
  4. Pertumbuhan fisik anak terhambat
  5. Anak cenderung malas melakukan aktivitas fisik

Lima kegiatan diatas dapat dialami oleh anak yang kekurangan nutrisi. Bila berkelanjutan, maka anak akan menjadi terhambat perkembangan dan pertumbuhannya sehingga akan mempengaruhi anak kedepannya. Sebab itu, penting menemukan Cara menaikkan berat badan anak yang sesuai dengan kebutuhan anak. Ada baiknya anda memberikan anak anda makanan yang menunjang Cara menaikkan berat badan anak.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi dalam menunjang Cara menaikkan berat badan anak dengan baik :

  1. Susu

Produk makanan yang dapat menunjang kegiatan Cara menaikkan berat badan anak adalah susu. Produk susu mengandung mineral, vitamin, probiotik, lemak dan protein yang dapat menunjang pembentukan otot dan berat anak. Anda dapat memberikan segelas susu kepada anak dalam kebutuhan nutrisi harian anak dalam menunjang aktivitas hariannya.

  1. Telur

Konsumsi telur dapat menunjang anak dalam melakukan berbagai kegiatan. Anda bisa memberikan makanan olahan telur dalam konsumsi harian anak. Ragam masakan seperti omelet, orak arik telur dan beragam menu makanan lainnya dapat menunjang nutrisi dan pembentukan massa otot anak.

  1. Daging segar

Daging sapi dan ayam segar mengandung protein dan lemak yang mendukung Cara menaikkan berat badan anak. Protein mampu memadatkan massa tubuh dan lemak mampu mengisi tubuh anak menjadi lebih gemuk. Selain itu, kaldu ayam dan daging mampu menggugah selera makan anak. Kandungan nutrisi daging ayam dan sapi pun banyak dan tinggi sehingga semakin menunjang kebutuhan nutrisi anak.

  1. Buah dan sayur

Ragam buah dan sayur mampu menyehatkan tubuh anak. Sayur dan buah memiliki kandungan nutrisi yang baik dalam menunjang kesehatan anak. Terutama buah yang kaya akan gula dari kandungan karbohidratnya yang dapat menunjang pembentukkan massa tubuh anak.